Tantrum Pada Anak

bayi diare

Tantrum pada anak-anak merupakan hal yang umum, namun Bunda harus bisa menghentikannya sedini mungkin. Tantrum yang berlebihan akan membuat Bunda kewalahan saat berada di keramaian.

 

Hasil gambar untuk anak tantrum

 

Penyebab Tantrum pada Anak

Sebagian anak, tantrum merupakan cara mereka untuk keluar dari sebuah masalah. Seperti saat merengek meminta mainan, mereka akan berteriak-teriak dan menyuruh Bunda membelikan mainan yang diinginkan. Anak tantrum cenderung tidak dapat mengungkapkan apa yang diinginkan karena kemampuan bahasanya belum sempurna. Mereka hanya bisa mengungkapkan beberapa kata dan akan mengamuk saat mengutarakan maksudnya. Jika dibiarkan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan buruk anak.

Cara Mengatasi Tantrum pada Anak

Cara yang paling mudah untuk menghentikan tantrum pada anak adalah dengan memberikan apa yang anak Bunda inginkan. Namun, hal itu tidak akan baik untuk perkembangan psikisnya. Dengan selalu memberikan apa yang mereka inginkan, itu bukanlah cara yang tepat. Karena hal tersebut akan menjadi cara jitu anak untuk terus mengamuk saat meminta sesuatu.

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar tantrum bisa segera teratasi, di antaranya:

  • Berbicaralah dari hati ke hati dengan anak

Berbicaralah tentang apa yang dirasakan anak-anak. Cari tahu apa yang membuatnya mereka berteriak maupun mengamuk. Tunjukkanlah pada mereka kalau Bunda adalah pendengar yang baik daan menyayanginya. Anak-anak biasanya akan berperilaku buruk karena mereka menginginkan perhatian yang lebih dari orangtuanya. Berikan dekapan saying dan katakana bahwa Bunda tidak suka pada perilaku anak yang suka mengamuk.

  • Bunda harus tetap tenang dan menjaga emosi marah

Jika anak tengah mengalami tantrum, usahakan Bunda tidak menunjukkan emosi marah. Bunda harus tetap tenang dan bernegosiasilah dengan anak. Jika Bunda sedang berada di tempat keramaian, bawalah anak segera keluardari keramaian tersebut. Jangan biarkan anak melempar barang yang ada di dekatnya.

  • Alihkan perhatiannya

Anak-anak akan sangat mudah melupakan sesuatu dan tertarik pada hal baru yang dia lihat. Saat anak tantrum, cepat-cepat alihkan perhatiannya pada hal yang dia suka seperti melihat kelinci peliharaan maupun melihat ikan yang ada di aquarium. Hal tersebut salah satu cara terbaik mengatasi tantrum pada anak.

  • Jangan menyakiti anak

Saat anak tantrum, janganlah sekali-kali mencubit apalagi memukulnya. Tindakan tersebut bukanlah hal yang tepat dilakukan. Hal tersebut malah mungkin akan semakin membuat tantrum yang sedang terjadi semakin buruk. Bunda dapat terus mengontrol tindakan Bunda dan cobalah membuatnya bisa tenang. Bunda hanya cukup bertindak tegas maupun disiplin saja.

Jika tantrum pada terlalu sering atau intens terjadi dan beresiko menyakiti dirinya sendiri atau orang lain, maka Bunda harus segera mencari bantuan pada psikiater. Segera konsultasikan pada psikiater untuk mendiskusikan tahap perkembangan dan perilaku anak agar cepat teratasi dan tidak menjadi hal yang menjadi kebiasaan.

Agar si Kecil tumbuh sehat dan daya tubuhnya baik, jangan lupa saat usianya menginjak satu tahun berikan Vitabumn. Vitabumin adalah vitamin anak yang terbuat dari madu, ikan gabus & temulawak

 

Komposisi Vitabumin:

💟 Madu => Menaikkan daya tahan tubuh, menaikkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batuk pilek, sariawan.

💟 Temulawak => meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikkan berat badan

💟 Ekstrak ikan gabus => membantu penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru.

INFORMASI & PEMESANAN LANGSUNG KE CS KIKI WA 0811-273-5511 klik http://bit.ly/wacs-kiki

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*