Saat Bayi Mengalami Cegukan Apa Yang Bisa Dilakukan Bunda?

By | July 2, 2018

Cegukan merupakan hal yang sering dialami anak-anak. Saat sedang cegukan, cara terbaik yang biasa digunakan untuk menghentikannya adalah minum air hangat yang banyak maupun menahan napas selama beberapa detik. Tetapi jika yang mengalami cegukan adalah bayi yang belum bisa minum banyak secara langsung dan disuruh menahan napas ? Kebanyakan orang tua akan panik saat bayinya cegukan.

 

Related image

 

Bayi yang masih berusia dibawah satu tahun memang sangat rentan mengalami cegukan (singultus). Dalam medis, cegukan adaklah kontraksi dari otot diafragma yaitu otot antara dada dan perut yang terletak persis di bawah tulang rusuk. Otot ini berfungsi mengendalikan pernapasan. Cegukan ajan terjadi saat diafragma berkontraksi ataupun mengencang tiba-tiba dan tanpa disadari.

Pemicu Cegukan

Bayi bisa mengalami cegukan dalam beberapa kondisi berikut ini:

  • Bayi Merasa Kedinginan

Saat kedinginan bayi akan tiba-tiba mengalami cegukan karena terjadi perubahan suhu.

  • Setelah Bayi Meminum Susu

Posisi menyusui yang kurang tepat dan tergesa-gesa mengisap maupun meminum susu juga dapat menjadi penyebab bayi mengalami cegukan.

  • Tertawa Saat Makan

Sebaiknya beri bayi makan dengan tenang, dan jangan ajak ia bercanda ketika sedang makan karena tertawa saat makan bisa menyebabkan bayi tersedak yang berujung pada cegukan.

  • Bayi Merasa Tidak Nyaman

Bayi yang sedang merasa stress atau tidak nyaman bisa saja mengalami cegukan, karena itulah usahakan untuk menghindari faktor yang bisa membuatnya stress. Ajaklah untuk selalu membuat si Kecil bahagia.

Mengatasi Bayi Cegukan

Saat bayi tiba-tiba mengalami cegukan Bunda jangan panik dahulu. Lakukan beberapa hal berikut ini untuk meredakan cegukan pada bayi, seperti :

  1. Pastikan Posisi Menyusui Sudah Benar

Pastikan posisi menyusuinya benar-benar tidak membuat udara masuk ke dalam mulut bayi sehingga bayi tidak mengalami cegukan. Posisi kepala bayi harus lebih tinggi dari perutnya namun jangan sampai lehernya menekuk..

  1. Sendawakan bayi

Setelah menyusui, sangat penting untuk membuat bayi bersendawa karena sendawa dapat mengeluarkan udara berlebih yang ditelannya saat menyusui. Tepuk-tepukkan bagian tengah punggungnya perlahan sampai ia bersendawa.

  1. Makan Sesuai Jadwalnya

Kebiasaan cegukan bayi dapat jauh berkurang apabila bayi mempunyai jadwal makan yang teratur sehingga bayi bisa makan sebelum lapar dan berhenti sebelum terlalu kenyang.

  1. Pijat Punggungnya dan Hangatkan Tubuh Bayi

Pijatan yang lembut seperti ini dapat mengurangi cegukannya. Bayi akan merasa lebih rileks setelah dipijat. Gosokkan minyak telon maupun minyak kayu putih. Pakaikan baju panjang agar tubuhnya hangat. Hal tersebut dapat mengurangi resiko bayimengalami cegukan.

  1. Periksakan Bayi Jika Perlu

Cegukan bisa berhenti sendiri, namun jika bayi mulai tampak terganggu dengan cegukan yang terus menerus, maka bisa saja itu merupakan pertanda bahwa bayi mengalami masalah dengan cegukannya. Bunda patut waspadai bila bayi yang sudah berusia diatas satu tahun masih sering mengalami cegukan. Segera bawalah ke dokter jika bayi gelisah dan bahasa tubuhnya seperti sedang menahan sakit perut dan banyak mengeluarkan ludah.

Agar si Kecil tumbuh sehat dan daya tubuhnya baik, jangan lupa saat usianya menginjak satu tahun berikan Vitabumin. Vitabumin adalah vitamin anak yang terbuat dari madu, ikan gabus & temulawak

Komposisi Vitabumin:

💟 Madu => Menaikkan daya tahan tubuh, menaikkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batuk pilek, sariawan.

💟 Temulawak => meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikkan berat badan

💟 Ekstrak ikan gabus => membantu penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru.

INFORMASI & PEMESANAN LANGSUNG KE CS KIKI WA 0811-273-5511 klik http://bit.ly/wacs-kiki