Perut Kembung Pada Anak

Pada sebagian kasus, perut kembung pada anak merupakan bukan masalah serius tetapi tidak banyak juga sebagian orang tua menganggap perut kembung pada bayi bisa menjadi masalah serius. Maka dari itu sebagai orang tua kita harus mengenali dan membedakan tingkat keparahannya.

Perut kembung tidak terjadi di orang dewasa saja tetapi juga bisa terjadi di anak-anak. Sebagai orang tua pasti cemas ketika mengetahui bahwa si anak mengalami perut kembung. Jangan terlalu cemas ya bun, karena perut kembung pada anak bisa di atasi kok.

Terkadang orang tua membiarkan anak untuk makan sambil bermain, menonton youtube atau bahkan berlarian di sekitaran rumah hanya untuk anak agar mau makan. Tahukah bunda bahwa melakukan hal yang seperti itu dapat menyebabkan perut kembung pada anak karena anak dapat menelan udara dan berakibat anak menjadi tidak nyaman dalam melakukan aktifitas nya. Saat anak mengalami perut kembung sebaiknya orang tua segera cari tahu penyebab perut kembung pada anak.

Penyebab Perut Kembung Pada Anak

Penyebab perut kembung oleh anak bukan lah hal yang datang dengan sendirinya, semua terjadi jika si anak dalam makan menguyah nya terlalu cepat atau tidak dengan perlahan, mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat sehingga pencernaan sukar mencerna dan sukar dicerna usus, dan terlalu banyak menelan udara saat sedang makan.

Saat anak mengalami perut kembung sebagai orang tua jangan terlalu menganggap sepele, segera cari tahu apa penyebab perut kembung pada anak sehingga dengan cepat bisa menyembukan anak dari perut kembung. Dengan cara mengingat apa saja yang dilakukan anak dalam sehari dan mengingat si anak memakan apa saja dalam sehari, jika anak dalam sehari memakan sayuran yang mengandung karbohidrat tinggi dan susah di cerna dan di proses oleh sistem pencernaan, ketika sampai di usus besar makanan karbohidrat baru bisa di cerna oleh bakteri dan menghasilkan gas yang dapat menyebabkan perut kembung pada anak. Kurangi sayuran seperti kubis, brokoli, kembang kol dan kacang-kacangan.

Jangan terlalu khawatir saat perut bayi kembung. Ada beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi, seperti dibawa ini.

  • Memijat perut bayi dan mengusap punggung bayi dengan perlahan dan searah dengan jarum jam, dapat membantu mengeluarkan angin dari perut bayi.
  • Saat menyusui usahakan kepala bayi lebih tinggi dari perut bayi. Posisi ini di yakini dapat membantu susu masuk ke dasar perut dan udara akan naik ke atas sehingga akan lebih muda bersendawa.
  • Setela selesai menyusui bantu bayi anda untuk bersendawa.
  • Susui bayi ketika belum merasa lapar. Hal ini dapat mengurangi perut kembung pada bayi akibat masuk angin.

Penyebab perut bayi kembung juga bisa menjadi tanda adanya masalah pencernaan, oleh karena itu jika bayi masih rewel disertai dengan muntah, diare dan perut kembung tidak kunjung reda segera periksakan bayi anda ke dokter.

Sejujurnya orang tua tidak perlu terlalu khawatir saat perut bayi kembung, cukup lakukan beberapa cara yang dapat mencegah terjadinya perut kembung pada bayi. Tetapi jika bayi anda sangat rewel dan susah untuk ditenangkan, sebaiknya segera bawa bayi anda ke dokter untuk diperiksa.