PERKEMBANGAN BAYI YANG BERUSIA 1 BULAN

bayi 1 bulan

Meski bayi 1 bulan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, bukan berarti bayi 1 bulan belum membutuhkan interaksi. Otak bayi 1 bulan mulai berkembang dengan mendengar dan mengenali suara orang yang ada di sekelilingnya.

 Gambar terkait

 

Bayi yang berusia 1 bulan membutuhkan perhatian lebih karena pada usia tersebut adalah tahapan terpenting dalam hidupnya, bayi pada usia 1 bulan mulai bisa menerima rangsangan yang ada di sekitarnya.

 

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Bobot bayi akan menurun setelah kelahiran, namun akan kembali naik setelah 12 hari dan mengalami pertambahan berat badan sampai 200 gram tiap minggunya.

 

Kemampuan Motorik

Sejak lahir hingga usia 1 bulan, tangan bayi akan mencengkram dengan kuat. Bayi 1 bulan akan mulai fokus memperhatikan obyek yang berjarak 35 cm. Saat inilah saat yang tepat untuk Bunda melatih kemampuan otot matanya agar mengikuti pergerakan obyek yang ada di sekitarnya. Kemampuan lainnya juga akan berkembang dari minggu ke minggu seperti menggelengkan kepala dalam posisi telungkup.

Kemampuan Bicara

Saat usianya 1 minggu, bayi sudah bisa mengenali suara orangtuanya. Meski belum dapat mengerti apa yang Bunda ucapkan, setidaknya dapat membuatnya merasa nyaman dan merasa tak sendirian. Semakin banyak Bunda mengajaknya berbicara, efeknya akan semakin baik bagi perkembangan si Kecil. Pada umumnya saat bayi berusia 1 bulan sudah dapat mengcapkan kata “ah”.

Kemampuan Sosial

Bayi yang berusia 1 bulan senang melihat wajah orang-orang di sekelilingnya. Bayi berkomunikasi dengan menunjukkan ekspresinya. Pastikan Bunda juga merespons ekpresi bayi agar terjalin kehangatan Bunda dan si bayi.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Bayi usia 1 bulan tidak perlu mandi setiap hari. Basuhlah bayi dengan waslap saja untuk membersihkan badannya. Pada umumnya bayi 1 bulan akan rewel pada sore hari, Bunda bisa menenangkannya dengan memijat dan memeluk sambil menggendongnya.

 

Butuh waktu bagi bayi berusia 1 bulan untuk menyesuaikan diri dengan dunia luar setelah sekian lama berada di dalam rahim. Tetapi pada dasarnya, otak bayi berkembang sangat pesat. Bunda dapat merangsangnya dengan berkomunikasi agar terjalin keharmonisan yang terjalin baik.

Saat usianya menginjak 1 tahun agar si Kecil dapat tetap tumbuh sehat dan berkembang dengan baik jangan lupa berikan vitamin sebagai tambahan nutrisinya.

Vitabumin merupakan formula alami yang terbuat dari perpaduan madu + ekstrak albumin ikan gabus dan diperkaya temulawak. Apa saja manfaat Vitabumin, yaitu:

  1. Penambah Nafsu Makan Anak
  2. Penambah Berat Badan
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
  5. Obat Demam
  6. Obat Batuk

 

Untuk pemesanannya Bunda bisa menghubungi Duta Vitabumin di nomor WA 0811-273-5511 atau untuk memperoleh informasi lainnya Bunda dapat mengunjungi Fanspage kami di @Bundapreneur.