Penyebab Perut Bayi Kembung

Pada sebagian kasus, perut bayi kembung merupakan bukan masalah serius tetapi tidak banyak juga sebagian orang tua menganggap perut kembung pada bayi bisa menjadi masalah serius. Maka dari itu sebagai orang tua kita harus mengenali dan membedakan tingkat keparahannya.

Untuk bayi yang baru berumur 0-3 bulan merupakan hal yang wajar terjadi nya perut kembung, karena saluran pencernaan pada bayi berumur 3 bulan belum berfungsi sempurna. Seiring bertambah usia, bayi dapat mengalami perut kembung karena mulai mencoba makanan yang berbeda.

Tanda perut bayi kembung dengan adanya si bayi yang rewel, perut menjadi keras, sering kentut dan sering bersendawa.

Penyebab Perut Bayi Kembung

Perut bayi kembung dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa peyebab perut kembung pada bayi yang perlu orang tua ketahui.

  • Salah posisi saat menyusui

Jika posisi botol susu atau payudara salah diposisikan, bayi mungkin akan terlalu menelan banyak udara.

  • Makanan yang dikonsumsi Ibu

Sebagai ibu yang sedang menyusui perlu lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya hindari makanan yang akan membentuk gas, seperti kol, brokoli dan kacang.

  • Menangis berlebihan

Menangis yang tak henti-henti oleh bayi dapat menyebabkan banyak udara yang masuk dan                              menghasilkan gas yang berlebihan.

  • Minuman selain ASI

Bayi sangatlah tidak dianjurkan untuk meminum yang selain ASI, susu formula dan air putih. Jika bunda memberikan minuman yang lain dapat menyebabkan bayi diare.

  • Makanan yang dikonsumsi bayi

Jika bayi anda sudah memasuki masa makanan pendamping ASI, bunda harus memperhatikan                        makanan yang akan dikonsumsi bayi anda. Sayur bagus untuk bayi, tetapi tidak semua sayur bisa                    dikonsumsi oleh bayi. Kurangi sayuran yang mengandung gas, misalnya kubis dan brokoli.

Jangan terlalu khawatir saat perut bayi kembung. Ada beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi, seperti dibawa ini.

  • Memijat perut bayi dan mengusap punggung bayi dengan perlahan dan searah dengan jarum jam, dapat membantu mengeluarkan angin dari perut bayi.
  • Saat menyusui usahakan kepala bayi lebih tinggi dari perut bayi. Posisi ini di yakini dapat membantu susu masuk ke dasar perut dan udara akan naik ke atas sehingga akan lebih muda bersendawa.
  • Setela selesai menyusui bantu bayi anda untuk bersendawa.
  • Susui bayi ketika belum merasa lapar. Hal ini dapat mengurangi perut kembung pada bayi akibat masuk angin.

Penyebab perut bayi kembung juga bisa menjadi tanda adanya masalah pencernaan, oleh karena itu jika bayi masih rewel disertai dengan muntah, diare dan perut kembung tidak kunjung reda segera periksakan bayi anda ke dokter.

Sejujurnya orang tua tidak perlu terlalu khawatir saat perut bayi kembung, cukup lakukan beberapa cara yang dapat mencegah terjadinya perut kembung pada bayi. Tetapi jika bayi anda sangat rewel dan susah untuk ditenangkan, sebaiknya segera bawa bayi anda ke dokter untuk diperiksa.