Pentingkah Memberikan Bekal Anak Ke Sekolah?

bekal anak sekolah

Bunda punya buah hati yang sedang melewati usia sekolah? Masih duduk di bangku Paud atau TK. Anak-anak kita yang umurnya rentang usia 1 – 12 tahun adalah anak-anak yang masih dalam tahapan tumbuh kembang. Anak-anak yang sebelumnya mungkin hampir 24 jam berada di bawah pengawasan kita, kini tidak lagi sepenuhnya.

Memasuki gerbang sekolah untuk menuntut ilmu dan bersosialisasi dengan lingkungan di luar rumah. Bukan hanya perubahan teman-teman bermain, pola pengasuhan, tetapi jugapola makan yang perlu diperhatikan. Ada baiknya khusus tentang makanan bagi si kecil di sekolah kita seleksi dengan cermat.

Makanan yang dimaksud adalah jajanan si kecil, entah itu beli di kantin sekolah atau bekal dari rumah. Maka alangkah bijaksananya kita sebagai orang tua tetap melakukan langkah preventif, dengan memperhatikan jajanan apasaja yang boleh atau perlu dihindari anak.

Kini marak diberitakan tentang jajanan sekolah yang tak sehat. Bukan haya satu dua kasus yang pernah terekspos di media tetapi begitu sering kita saksikan di televisi. Adanya anak-anak yang mengalami keracunan akibat mengkonsumsi jajanan tak sehat begitu sangat memprihatinkan. Menjadi hal penting tindakan yang sebaiknya kita lakukan adalah membekali anak dengan jajanan sehat dari rumah.

Pentingnya bekal sehat

Membiasakan membawakan bekal makanan sehat ke sekolah si kecil sangat dianjurkan oleh para pakar. Kebiasaan yang mungkin sedikit merepotkan bagi orang tua, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan buah hati kita. Kalau anda tipe orang tua yang sangat peduli dengan tumbuh kembang buah hati anda, pengorbanan dan kerelaan anda bersusah payah memang dipertaruhkan. Bukan hal yang mudah memang, tetapi perlu disadari betapa pentingnya hal ini bagi berlanjutnya potensi kesuksesan anak anda di masa depan. Ada beberapa keuntungan yang kita peroleh, dengan rajin membekali anak dengan bekal sehat dari rumah. Adapun keuntungan tersebut diantaranya:

  1. Mendidik anak tidak boros

Dengan bekal yang kita buatkan tak perlu lagi kita menambah uang jajan. Dengan gaya dan pola mendidik yang cerdas kita bisa mengalihkan uang jajan menjadi alokasi tabungan bagi si kecil. Anak pun takkan mudah tergiur dengan jajanan yang mereka lihat disekolah. Menanamkan sikap hemat sangat sulit jika tak dilakukan sejak usia dini. Saya yakin anda yang bisa bersikap hemat atau borossangat dipengaruhi oleh pola yang ditanamkan orangtua anda sejak masa kanak-kanak. Coba diingat ya??

      2. Mendekatkan hubungan orang tua dan anak

Anak yang terbiasa dengan bekal yang dibuatkan khusus oleh ibunya akan sangat mudah berempati, anak merasa lebih diperhatikan. Hubungan emosional dengan sendirinya lebih dekat, karena setiap olahan kita pasti ada bumbu kasih sayang yang tertuang di dalamnya. Melihat sang ibu bersusah payah dipagi hari melawan udara dingin dan kantuk, namun tetap menyiapkan sarapan dan bekal yang sehat, anak anda pasti sangat sayang pada anda. Buktikan sendiri deh!

      3. Anak kita terhindar dari gangguan kesehatan yang bersumber dari jajanan tak sehat.

Ini manfaat yang paling penting, dan tak ternilai harganya. Saat kita melihat anak kita tumbuh dengan sehat, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Bahkan bisa menjadi tolok ukur akan kesussekan kita menjadi seorang ibu, yang fitrahnya adalah menjaga, mengasuh, mendidik, dan membesarkan anak. Siapa sih yang pertama kali dilihat sinis dan disindir “ ga bener urus anak” , kalau ga kaum bunda??

Dari uraian diatas dapat disimpulkan betapa pentingnya memberikan bekal kepada anak yang mempunyai manfaat sangat besar bagi bunda dan si anak. Sebagai Pelengkap Berikan juga vitamin anak yang akan menunjang tumbuh kembang si kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*