Menghadapi Anak Susah Makan

Memang berat tugas sebagai orang tua apalagi mempunyai masalah jika si Kecil susah makan. Menghadapi anak yang susah makan pasti membuat orang tua terutama bunda kebingungan akan menu makanan si kecil, apalagi jika si kecil pemilih makanan yang gak suka ini lah itu lah, yang takut si kecil kekurangan gizi sehingga mempengaruhi pertumbuhan si kecil.

Dalam tahap ini bunda tidak usah terlalu cemas, asal tahapan tumbuh kembang berjalan dengan baik dan untuk mengurangi kekhawatiran bunda akan nutrisi anak, berikut 8 yang bisa bunda lakukan.

1. Jangan menjadikan waktu makan menjadi ajang perkelahian

Si kecil yang pemilih soal makanan sering membuat orang tua kesal, namun cobalah untuk lebih bersabar dan jangan pernah memaksa si kecil menyantap makanan yang dia tidak suka karena akan membuat dampak buruk bagi si kecil.

Mungkin bagi Bunda tidak mudah untuk melakukannya, tetapi jika kebiasaan pemilih makanan bisa memicu gangguan pola makan, maka Bunda harus lebih berhati-hati dalam menghadapi kebiasaan makannya yang rewel.

2. Membuat catatan tentang apa saja yang dimakan anak dalam sehari

Bunda coba bertanya pada semua orang yang ditemui si kecil hari itu. Apa saja yang dia makan, termasuk cemilan. Maka Bunda akan mendapat data apa saja yang dimakan anak dalam sehari.

3. Sediakan makanan yang akan tinggi kalori untuk cemilannya

Untuk memastikan si kecil mendapat asupan energi sepanjang hari, meski tidak makan di waktu makan. Bunda perlu menyediakan makanan yang tinggi kalori agar si kecil bisa memakan makanannya kapanpun dia mau.

Contoh beberapa makanan yang tinggi kalori itu seperti selai kacang, keju, kacang-kacangan dan juga buah. Jadi, meski anak susah makan saat disuruh makan nasi. Asalkan asupan kalorinya tetap tercukupi dari cemilan yang bunda berikan.

4. Rencanakan menu makanan yang berbeda setiap hari

Siapa pun pasti bosan jika harus makan menu yang hampir sama tiap hari nya. Kreasikan menu unik dan penyajian yang menarik bisa merangsang si kecil untuk makan. Pastikan menu yang Bunda buat mengandung makanan yang disukai si kecil, sehingga anak lebih senang memakannya dan menjadi tidak susah makan lagi.

5. Meminta bantuan, jika memang Bunda membutuhkannya

Apabila Bunda sudah tidak kuat menghadapi anak susah makan, atau si kecil semakin membandel saat disuruh makan. Mintalah bantuan Ayah atau orang dewasa lainnya yang bisa membuat si kecil menurut.

6. Jangan menyuruh si kecil makan

Si Kecil seringkali melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang disuruh orangtua. Karena itu, cobalah bunda melarang si kecil makan. Atau tidak menyuruhnya makan sama sekali.

Pasti bunda akan terkejut ketika mendapati si kecil meminta makan sendiri saat  orang tua nya tidak menyuruhnya makan.

7. Menuruti kemauan anak

Menghadapi anak susah makan jangan dengan paksaan. Kita tahu si kecil butuh nutrisi makanan yang seimbang. Namun bukankah sayang jika makanan nya terbuang karena si kecil tetap tidak mau makan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya menuruti keinginan anak, tentang apa yang ingin dia makan. Mungkin hari ini si kecil ingin makan yang manis-manis, dan besok si kecil ingin makanan berkuah.

8. Memberikan Suplemen

Memberikan suplemen makanan untuk si kecil bisa jadi cara jitu untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Seperti Vitabumin yang mengandung madu, ekstrak ikan gabus dan ekstrak temulawak yang memiliki banyak manfaat. Selain bikin anak semakin lahap makan, Vitabumin juga membantu anak agar tidak mudah sakit.

Nah bunda sekarang sudah tahu kan cara menghadapi anak susah makan, pastikan anak mendapat nutrisi yang lengkap dari cemilan sehat dan selalu berikan suplemen Vitabumin yang akan membantu memberikan nafsu makannya.

Testimoni Vitabumin : http://bit.ly/TestimoniVitabuminDokterAnak