Mengatasi Rasa Takut Anak

atasi anak takut

Takut merupakan sesuatu yang wajar terjadi pada anak-anak. Takut adalah reaksi dari mental saat merasa terancam dan tidak aman pada sekitarnya. Rasa takut yang dirasakan bisa hilang saat anak kembali merasa aman.

 

Related image

 

Penyebab Rasa Takut Pada Anak

Terdapat pemicu maupun penyebab rasa takut anak pada sesuatu hal. Penyebab rasa tahut anak seperti :

Orang tua terkadang suka menakuti anak dengan cerita hantu atau benda asing yang menyeramkan ketika anak tidakmenuruti kemauan orang tua, seperti saat anak tidak mau tidur maka akan didatangi setan. Dengan menakuti seperti itu, anak akan berpikir jika makhluk halus ada dan akan menakuti anak-anak saat sendirian.

  • Terlalu Memanjakan Anak

Mungkin beberapa orang tua tidak menyadari jika kebiasaan memanjakan anak akan membuatnya ketergantungan pada orang tuanya. Anak-anak menjadi tidak mandiri dan takut untuk mengambil keputusan sendiri saat tidak berada di dekat orang tuanya.

  • Trauma Karena Suatu Peristiwa

Anak-anak akan memiliki rasa takut ketika pernah mengalami peristiwa yang cukup buruk dalam hidupnya. Rasa takut akan timbul saat peristiwa itu kembali terjadi lagi. Seperti ketakutan anak untuk naik sepeda karena si Kecil pernah jatuh dari sepedanya, takut pada kucing saat ingat pernah dicakar, atau rasa takut setelah melihat pertengkaran orang tuanya.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Anak

Rasa takut yang berlebihan akan mengganggu perkembangan psikis anak. Agar rasa takut tidak berkelanjuta yang bisa menjadi fobia, Bunda bisa mendampinginya dengan :

  1. Memahami apa yang dirasakan anak

Orang tua harus berempati dan simpati pada apa yang dirasakan anak. Rasa takut dapat diredam dengan perhatian orang tua saat anak merasa takut. Jangan sekali-kali meremehkan maupun memarahi anak saat takut karena dapat memperburuk ketakutannya.

Berikan penjelasan yang logis apa sumber ketakutan anak. Orang tua bisa menceritakan pengalaman ketakutannya saat kecil dahulu, dan ceritakan bagaiman rasa takut itu bisa dilawan

  1. 2. Sering perkenalkan anak dengan hal-hal baru

Rasa takut anak bersumber dari perasaan asing pada sesuatu hal baru. Secara perlahan, kenalkan anak pada hal baru secara bertahap agar anak terbiasa. Hal tersebut dilakukan agar anak terbiasa membiasakan diri dan bisa cepat beradaptasi pada hal yang baru.

  1. Bantu anak menyatakan perasaannya

Berikan kesempatan pada anak agar bercerita apa yang menjadi alasannya takut pada sesuatu, dan bangunlah rasa percaya diri anak agar rasa takutnya hilang. Orang tua dapat memberikannya pujian saat anak telah berani melawan ketakutannya sendiri.

Dorong dan beri semangat agar anak anak berpikir positif. Anak yang merasa telah berhasil melawan satu rasa takutnya akan terdorong untuk melawan rasa takut lainnya.

Agar si Kecil tumbuh sehat dan daya tubuhnya baik, jangan lupa saat usianya menginjak satu tahun berikan Vitabumin. Vitabumin adalah vitamin anak yang terbuat dari madu, ikan gabus & temulawak

Komposisi Vitabumin:

💟 Madu => Menaikkan daya tahan tubuh, menaikkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batuk pilek, sariawan.

💟 Temulawak => meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikkan berat badan

💟 Ekstrak ikan gabus => membantu penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru.

 

INFORMASI & PEMESANAN LANGSUNG KE CS KIKI WA 0811-273-5511 klik http://bit.ly/wacs-kiki