Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Perut kembung tidak terjadi di orang dewasa saja tetapi juga bisa terjadi di anak-anak. Sebagai orang tua pasti cemas ketika mengetahui bahwa si anak mengalami perut kembung. Jangan terlalu cemas ya bun, karena perut kembung pada anak bisa di atasi kok.

Terkadang orang tua membiarkan anak untuk makan sambil bermain, menonton youtube atau bahkan berlarian di sekitaran rumah hanya untuk anak agar mau makan. Tahukah bunda bahwa melakukan hal yang seperti itu dapat menyebabkan perut kembung pada anak karena anak dapat menelan udara dan berakibat anak menjadi tidak nyaman dalam melakukan aktifitas nya. Saat anak mengalami perut kembung sebaiknya orang tua segera cari tahu penyebab perut kembung pada anak.

Penyebab Perut Kembung Pada Anak

Penyebab perut kembung oleh anak bukan lah hal yang datang dengan sendirinya, semua terjadi jika si anak dalam makan menguyah nya terlalu cepat atau tidak dengan perlahan, mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat sehingga pencernaan sukar mencerna dan sukar dicerna usus, dan terlalu banyak menelan udara saat sedang makan.

Saat anak mengalami perut kembung sebagai orang tua jangan terlalu menganggap sepele, segera cari tahu apa penyebab perut kembung pada anak sehingga dengan cepat bisa menyembukan anak dari perut kembung. Dengan cara mengingat apa saja yang dilakukan anak dalam sehari dan mengingat si anak memakan apa saja dalam sehari, jika anak dalam sehari memakan sayuran yang mengandung karbohidrat tinggi dan susah di cerna dan di proses oleh sistem pencernaan, ketika sampai di usus besar makanan karbohidrat baru bisa di cerna oleh bakteri dan menghasilkan gas yang dapat menyebabkan perut kembung pada anak. Kurangi sayuran seperti kubis, brokoli, kembang kol dan kacang-kacangan.

 

Cara Atasi Perut Kembung Pada Anak

Berikut beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak.

  • Memberitahukan kepada anak untuk menguyah makanan dengan perlahan sekitar 10 sampai 15 menitan.
  • Mengurangi makanan yang membuat perut kembung pada anak, seperti mengurangi sayur kubis karena sayur an itu memproduksi gas yang berakibat jika menjadi entut bisa bau yang sangat tidak enak.
  • Beri air putih yang cukup pada anak, walau bukan penghilang kembung tetapi dapat membantu memperlancar pencernaan anak.
  • Mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi, dengan mengurangi makan yang mengandung lemak dapat mengurangi produksi gas pada perut kembung anak.
  • Mengurangi meminum jus buah, memberikan jus buah berlebih pada anak ternyata mengakibatkan perut kembung dikarenakan beberapa anak sulit mencerna sukrosa dan fruktosa yang terkandung dalam jus.

Beberapa cara diatas merupakan cara mengatasi perut kembung pada anak, jadi sebagai orang tua jangan terlalu cemas jika anak mengalami perut kembung bisa gunakan cara diatas. Tetapi jika perut kembung disertai dengan susah buang air besar, muntah-muntah atau demam segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.