Memandikan Si Kecil Dengan Benar

memandikan anak dengan benar

Kelahiran si Kecil tentu membuat kehidupan makin bermakna dan kebahagiaan bagi orangtua. Tetapi ada beberapa hal mengenai perawatan si Kecil yang masih belum terbiasa dilakukan oleh Bunda yang merupakan pengalaman pertamanya dalam memandikan si Kecil.

 

Related image

 

Kulit bayi yang berusia 1-6 bulan sangatlah rentan mengalami pengelupasan maupun iritasi sehingga membutuhkan perlakuan khusus dalam memandikannya. Suhu air yang baik dan direkomendasikan untuk memandikannya yaitu hangat suam kuku.

Hal yang wajib diperhatikan Bunda dalam memandikan si Kecil adalah mencegah si kecil menelan air mandi karena air yang tertelan daapat mengakibatkan diare. Pastikan Bunda memandikan anak secara perlahan dan hati-hati.

Bayi yang baru lahir cukup diandikan 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu.

 

Memandikan Si Kecil yang Memiliki Kondisi Khusus

Ada beberapa cara memandikan si Kecil saat dia ada dikondisi seperti :

Belum Puput Tali Pusar Bayi

Ketika si Kecil belum puput tali pusar cara memandikan paling aman yaitu dengan handuk kecil yang dibasahi dengan air hangat lalu dibasuhkan secara merata pada tubuh si Kecil. Ingat, tali pusar harus tetap dijaga kekeringan dan kesterilannya. Posisikan popok si kecil agar tidak memutus tali pusar. Biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar 1-3 minggu.

Ada beberapa tanda infeksi pada tali pusar yang sebaiknya diperhatikan serius oleh Bunda. Tanda-tanda tersebut adalah kemerahan, membengkak, si kecil menangis saat tali pusar ditekan, berbau tidak biasa, bernanah, dan diikuti demam. Jika hal tersebut terjadi segera bawa si Kecil ke dokter.

Kepala Si Kecil Masih Lunak

Saat kepala bayi masih lunak, mandikan secara perlahan dan usaplah bagian kepala secara lembut dan berikan shampoo khusus yang diformulasikan dengan bahan yang aman digunakan untuk bayi.

Si Kecil Mengalami Cacar air

Meski mengalami cacar air, si kecil tetap harus dimandikan untuk menjaga kebersihan tubuhnya agar si kecil merasa nyaman. Memandukan anak yang terkena cacar harus hati-hati ya Bunda agar cacar airnya tidak pecah karena cacar yang pecah biasanya akan meninggalkan bekas pada si Kecil.

Saat Si Kecil Flu dan Demam

Saat si Kecil sedang pilek tetap boleh dimandikan dengan air hangat ya Bunda. Jika siKkecil mengalami demam hingga 40 derajat Celcius, Bunda cukup memandikannya dengan cara dilap dengan handuk yang diasahi dengan air hangat. Dengan mandi air hangat demam si Kecil kemungkinan juga akan turun.

Si Kecil Takut Mandi

Saat si Kecil ketakutan saat dimandikan Bunda bisa mencoba mengajaknya untuk mandi bersama. Cara lainnya adalah dengan membawa mainan kesukaannya sambil mandi.

Bolehkah Menggunakan Produk Perawatan Si Kecil?

Bunda harus memahami dan mengetahui juga produk perawatan dalam memandikan bayi karena salah memilih produk perawatan dapat mengakibatkan hal yang fatal bagi si Kecil.

Produk perawatan si Kecil pada umumnya berupa sabun, sampo, baby oil, dan bedak. Perhatikan komposisi yang ada di dalam produk. Pastikan tidak ada kandungan yang dapat membahayakan si Kecil.

Agar si Kecil tumbuh sehat dan daya tubuhnya baik, jangan lupa saat usianya menginjak satu tahun berikan Vitabumin. Vitabumin adalah vitamin anak yang terbuat dari madu, ikan gabus & temulawak

 

Komposisi Vitabumin:

-Madu : Menaikkan daya tahan tubuh, menaikkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batuk pilek, sariawan.

-Temulawak : meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikkan berat badan

-Ekstrak ikan gabus : membantu penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru.

INFORMASI & PEMESANAN LANGSUNG KE CS KIKI WA 08112735511