Memandikan Bayi Yang Baru Lahir Dengan Benar

batuk bayi

Bayi yang baru lahir sebenarnya tidak perlu mandi terlalu sering karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitive. Jika sering dimandikan maka kulitnya akan kering. Tetapi Bunda harus tetap memandikan si Kecil karena bayi yang baru lahir juga butuh mandi tiga sampai lima kali dalam seminggu agar kulitnya tetap lembab.

Penting bagi orang tua baru untuk mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir agar bayi tetap merasa aman. Jika ingin memandikan bayi usahakan bayi telah minum ASI ya Bunda tetapi jangan sampai bayi kekenyangan.

Awalnya Bunda harus persiapkan perlengkapan apa saja yang digunakan untuk memandikan si Kecil. Sediakan tempat tidur atau meja yang dikhususkan untuk bayi mengganti pakaian. Lalu siapkan handuk maupun waslap. Pastikan air yang digunakan adalah air dengan suhu suam-suam kuku saja.

Gunakan produk pembersih kulit bayi dengan label soap-free dan tertulis berbahan ringan sebagai pengganti sabun biasa untuk menghindari kulit kering. Hindari juga produk dengan pewangi dan antibiotik karena dapat mengiritasi kulit. Bayi tepat dimandikan saat pagi hari karena suasana hatinya cenderung baik dan tidak mengantuk.

Panduan Tahapan Memandikan Bayi Yang Benar

  • Letakkan bayi diatas tempat tidur yang telah diberi alas atau handuk untuk melepas pakaiannya
  • Isi ember atau bak dengan air hangat dengan suhu sekitar 32 derajat Celcius
  • Bersihkan bayi dengan air hangat, mulai dari tangan, badan, kaki, punggung dan wajah bayi. Jangan lupa bersihkan bagian hidung, telinga, dan kelaminnya
  • Gunakan pembersih kulit bayi pada seluruh tubuhnya, lalu bilas dengan air hangat lagi
  • Kemudian angkat bayi perlahan-lahan dan segera letakkan diatas perlak dan keringkan dengan handuk
  • Berikan pijatan lembut dengan minyak telon agar bayi merasa tenang dan nyaman. Bunda bisa mengajaknya bicara agar membuat bayi semakin rileks. Ini saat yang tepat untuk memijat bayi sambil menyanyikan lagu atau mengajaknya bicara untuk membuat bayi makin rileks.
  • Pakaiakan baju yang nyaman dengan bahan yang baik agar bayi dapat tidur dengan tenang
  • Akan lebih baik, setelah mandi segera jemur bayi di teras rumah sambil ditimang – timang karena hal tersebut bisa memperat jalinan kasih antara ibu dan anak

Agar si Kecil dapat tetap tumbuh sehat dan berkembang dengan baik, setelah berusia 1 tahun, jangan lupa berikan vitamin sebagai tambahan nutrisinya. Vitabumin merupakan formula alami yang terbuat dari perpaduan madu + ekstrak albumin ikan gabus dan diperkaya temulawak. Apa saja manfaat Vitabumin, yaitu:

  1. Penambah Nafsu Makan Anak
  2. Penambah Berat Badan
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
  5. Obat Demam
  6. Obat Batuk

 

Untuk pemesanan Vitabumin Bunda bisa langsung WA CS Resmi kami di 0811-273-5511.