Manfaat Bermain Hujan Untuk Si Kecil

manfaat bermain hujan

Sudah tiba musim penghujan nih Bunda. Si Kecil merengek keluar rumah dan meminta untuk bermain hujan ? Eitss Bunda jangan melarangnya.

Image result for ANAK BERMAIN HUJAN

Kebanyakan orang tua melarang anak – anak bermain hujan karena bisa membuat anak sakit. Tetapi tahukah Bunda, ada beberapa manfaat dan keuntungan bagi si Kecil jika dia dibiarkan untuk bermain hujan.  Berikut ada manfaat yang didapat ketika anak bermain hujan seperti :

  1. Pengetahuan Anak Bertambah

Saat anak main hujan Bunda bisa ikut menemani sambil menjaga anak. Bunda bisa menjelaskan secara sederhana pada si Kecil tentang hujan, asal usul adanya hujan dan jangan lupa selipkan penjelasan bahayanya jika terlalu lama berada di bawah hujan agar tanpa anak sadari akan mengerti jika tidak baik juga berlama-lama bermain hujan.

  1. Melatih Kemampuan Fisik dan Motorik

Ketika si Kecil bermain di bawah hujan, ia akan menggerakan seluruh tubuhnya untuk melompat dan menengok ke atas dengan mencipratkan air, menadah hujan dengan tangannya, mencipratkan air, hingga merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin. Daya gerak dan aktivitas anak akan merangsang stimulasi motorik serta kemampuan fisik yang optimal, terutama rangsangan kulit yang langsung terkena air.

  1. Menambah Kreativititas dan Imajinasi Anak

Tidak hanya orang dewasa saja yang berimajinasi dan mendapatkan inspirasi ketika hujan turun. Saat anak main hujan, imajinasi dan kreativitasnya akan muncul seiring dengan khayalan mereka. Misalnya, dengan bermain perahu kertas di genangan hujan, menyiram tanaman dengan air hujan, dan masih banyak lainnya. Saat hujan, si kecil akan mencoba berpikir kreatif, ditambah melakukan dengan cara yang menyenangkan.

Setelah memahami manfaatnya, Bunda harus mempersiapkan dan memperhatikan hal berikut sebelum mengijinkan si Kecil bermain hujan seperti :

  1. Jangan di Hujan Pertama

Ketika hendak mengizinkan anak main hujan, hindari hujan yang pertama turun pertama kali. Karena hujan yang turun pertama kali setelah beberapa waktu tidak hujan adalah hujan yang berfungsi membersihkan polusi udara. Polusi udara, debu dan kotoran di udara terbawa bersamaan dengan air hujan, dan hal tersebut dapat berefek untuk si kecil jadi tidak sehat.

  1. Segera Copot Baju yang Basah dan Mandikan Air Hangat

Setelah si kecil selesai bermain hujan, segera lepaskan baju anak yang sudah basah kuyup. Hal tersebut berguna agar kelembaban tidak meresap hingga paru-paru si kecil. Jangan lupa untuk segera memandikannya sengan air hangat agar menyeimbangkan suhu tubuhnya.

  1. Berikan Makanan Hangat dan Ajaklah Anak Segera Tidur

Saat anak selesai bermain hujan dan membersihkan diri, berilah makanan atau minuman hangat seperti sup, bubur santan, atau susu hangat. Sehabis mengisi perut, jangan lupa untuk mengajaknya tidur karena fisik dan tenaga anak sudah terkuras habis saat bermain di bawah hujan sebelumnya. Istirahat yang cukup juga dapat menghindari anak terhindar dari sakit Bunda.

Agar si Kecil tumbuh sehat dan daya tubuhnya baik, jangan lupa saat usianya menginjak satu tahun berikan Vitabumin. Vitabumin adalah vitamin anak yang terbuat dari madu, ikan gabus & temulawak

Komposisi Vitabumin:

💟 Madu => Menaikkan daya tahan tubuh, menaikkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batuk pilek, sariawan.

💟 Temulawak => meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikkan berat badan

💟 Ekstrak ikan gabus => membantu penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru.

 

INFORMASI & PEMESANAN LANGSUNG KE CS KIKI WA 0811-273-5511 klik http://bit.ly/wacs-kiki