Macam-macam Sayuran untuk Menurunkan Kolesterol

By | July 19, 2018

Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk dinding sel, salah satu komponen pembuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. Namun jika kadarnya melebihi batas normal justru akan menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan.

Kadar kolesterol bisa dikatakan tidak berbahaya jika berada di bawah 200 mg/dl. Namun jika kadarnya sudah di atas 240 maka anda patut waspada dan harus mencari cara menurunkan kadarnya.

Maka dari itu, ada beberapa macam sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol seperti :

  • Bayam

Bayam memiliki kandungan serat tinggi yang dapat mencegah penyerapan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi bayam secara teratur maka kadar kolesterol juga akan dikontrol dengan baik. kandungan serat tingginya juga baik memelihara kesehatan sistem pencernaan anda dan mencegah obesitas.

Selain itu bayam juga mengandung zat yang dapat memelihara kesehatan jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Namun hindari mengolah bayam dengan menggunakan minyak trans karena akan mengurangi khasiat dari bayam tersebut.

 

Related image

 

  • Buncis

Buncis termasuk ke dalam golongan sayur rendah lemak yang mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigleserida dengan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain mengkonsumsi sayur buncis secara teratur akan membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes.

  • Kacang panjang

Kacang panjang termasuk sayuran tinggi serat yang baik bagi jantung dan dapat memperlambat laju penyerapan kolesterol dalam darah. Dengan begitu mengkonsumsi kacang panjang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu kandungan asam lemak tak jenuh ganda akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik yang bermanfaat untuk menekan jumlah kolesterol jahat.

  • Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang mampu menurunkan kolesterol yang sangat ampuh. Brokoli juga termasuk sayur yang kaya serat yang dapat membantu mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih.

Dengan begitu kadar kolesterol jahat juga dapat dikontrol kestabilannya dengan baik. anda bisa membuat sup brokoli tanpa minyak trnas atau buatlah jus brokoli tanpa gula tambahan dan minumlah 2 gelas perhari.

  • Seledri

Daun seledri memang bukanlah jenis sayur yang bisa dijadikan lauk ketika makan namun biasa digunakan untuk taburan makan sup atau bakso yang akan memberikan rasa segar yang khas. namun masih banyak lagi manfaat penting lain dari seledri tersebut.

Salah satu manfaat bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu mengkonsumsi jus seledri juga dapat memelihara kesehatan jantung anda.

Minumlah jus seledri yang ditambah sedikit apel hijau setiap pagi guna membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Wortel

Kandungan vitamin A pada wortel sangat baik dalam merawat kesehatan mata. Namun selain itu berbagai kandungan pada wortel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Bersihkan wortel secukupnya kemudian haluskan dengan cara diblender atau diparut, setelah peras dan minum air wortel tersebut setiap pagi menjelang sarapan. Selain dapat menurunkan kolesterol dengan mudah, cara ini juga akan membantu anda mendapatkan kulit yang halus dan cerah.

  • Rumput laut

Konsumsilah rumput laut setiap hari yang dalam bentuk sayur kering atau pun basah keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Cara ini cukup efektif jika dikonsumsi secara rutin.

Anda dapat membuat nasi gulung dengan lapisan rumput laut. Atau anda juga dapat membuat bubuk rumput laut dengan cara ambil rumput laut kering lalu haluskan. Gunakan bubuk rumput laut tersebut sebagai taburan masakan atau taburan minuman setiap hari hingga kolesterol benar-benar turun.

  • Daun sirih

Daun sirih memang memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan dan dunia kesehatan. Kandungan antiseptik dan antibakterinya sangat baik merawat kulit. Selain itu daun sirih juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Rebuslah 10 lembar daun sirih dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah itu angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin minumlah air tersebut secara teratur makan anda akan melihat hasil yang signifikan.

  • Daun asam

Daun asam juga bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Daun asam ini memiliki rasa yang segar jika dikonsumsi. Selain itu mengkonsumsi daun asam ini sangatlah aman tanpa efek samping berbahaya bagi kesehatan namun justru akan memberikan dampak positif.

Dengan begitu masalah penyumbatan darah akan dapat teratasi dengan mudah dan mencegah penyempitan arteri yang menyebabkan penyakit jantung.

Cara membuatnya juga sangat mudah rebus 12 gram daun asam segar menggunakan 1 gelas air kemudian biarkan hingga mendidih. Setelah itu angkat dan biarkan beberapa saat hingga air menjadi dingin. Sete;ah dingin minumlah air tersebut 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Okra

Okra menjadi salah satu sayur yang dapat menurunkan kolesterol karena sayur okra mengandung serat tinggi yang dapat menghambat penyerapan kolesterol sehingga akan menghambat pembentukan plak. Selain itu okra mengandung mineral, vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh dan menurunkan resiko penyakit kanker.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada okra membuatny sangat bermanfaat mengobati berbagai penyakit seperti menurunkan kolesterol, menghambat penyakit kanker, serta menyembuhkan gangguan pencernaan seperti kontopasi.

  • Terong

Terong merupakan jenis sayur yang mengandung serat larut tinggi yang baik dalam mencegah penyerapan kolesterol sehingga sangat baik dijadikan sayuran penurun kolesterol. Namun bagi penderita maag atau gangguan pencernaan sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Sebab kandungan serat tingginya akan membuat kerja sistem pencernaan semakin berat namun sangat ampuh menurunkan kolesterol jahat dengan cepat.

  • Kubis

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat memang diperlukan makanan yang mengandung serat tinggi. Kandungan serat tersebut bisa anda dapatkan dari beberapa jenis sayuran salah satunya kubis.

Kubis tinggi akan serat yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan mencegah penyempitan arteri sehingga anda akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Namun bagia anda penderita gangguan pencernaan sebaiknya batasi konsumsi kubis tersebut.

  • Kubis merah

Kubis memang baik untuk menekan jumlah kolesterol jahat namun penggunaan kubis merah akan lebih efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain mengandung serat tinggi, kubis merah ini juga kaya antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas merusak tubuh dan membantu menstabilkan kadar kolesterol.

  • Kale

Kale juga menjadi salah sayuran yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol. Kandungan seratnya yang tinggi mampu menghambat pembentukan plak. Selain itu sayur kale juga termasuk ke dalam sayur yang rendah kalori sehingga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dan mencegah obesitas.

Selain itu kale juga tinggi sumber antioksidan sehingga sangat baik melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit yang disebabkan radikal bebas serta dapat mencegah penuaan dini.

  • Tomat

Tomat tinggi akan lycopene yang sangat baik bagi tubuh. Berbagai manfaat dapat kita rasakan dengan rajin mengkonsumsi tomat, salah satu manfaat nyata yang dapat kita rasakan yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu tomat dapat menjadi pelindung tubuh yang sangat ampuh dari serangan radikal bebas. Mengkonsumsi tomat secara teratur akan memberikan banyak manfaat lain terutama bagi kulit, kulit akan terlihat lebih cantik dan sehat.

 

Image result for kolesterol sayur

 

  • Kangkung

Sayuran yang mampu menurunkan kolesterol adalah sayur yang tinggi serat dan berdaun hijau salah satunya adalah kangkung. Kandungan serat tinggi pada kangkung akan membantu menekan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah penyempitan arteri yang menyebabkan serangan jantung.

  • Bawang putih

Sejak berabad-abad yang lalu bawang putih telah digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit kronis salah satunya dapat menyembuhkan penyakit kolesterol tinggi. Selain itu bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Berbagai kandungan pada bawang putih sangat baik bagi tubuh. Selain itu bawang putih juga termasuk ke dalam bahan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu rekomendasi yang bisa Anda dapatkan sebagai penurun kolesterol adalah dengan mengkonsumsi Ofir. Jenis suplemen yang dibuat dari bahan alami ini akan membantu Anda dalam meredakan permasalahan kolesterol yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu saja, dengan Ofir, Andapun akan bebas mengkonsumsi makanan berlemak seperti halnya gule, soto, rawon dan berbagai jenis makanan yang bersantan kental. Untuk itu, selalu sediakan penurun kadar kolesterol Ofir sebagai teman makan Anda di manapun Anda menyantap makanan kesukaan Anda. Kolesterol kabur … Badan sehat … Hidup awet seperti awetnya cinta ofir untuk melindungi dan seluruh keluarga, Hubungi CS KIKI 0811-273-5511 atau klik http://bit.ly/wacs-kiki