Diare Pada Bayi

bayi diare

Menjadi Ibu baru adalah kebahagiaan yang tidak ternilai. Tetapi banyak sebagian Ibu baru bingung bahkan panik ketika menangani bayinya yang tiba-tiba sering buang air besar. Saat bayi buang air besar, tinja terlihat encer membuat Ibu bingung menentukan apakah tinja yang dikeluarkannya normal atau tidak. Tinja yang mengonsumsi ASI umumnya berwarna kekuningan, bertekstur lembut, dan cair. Meski tidak selalu terjadi, bayi baru lahir yang disusui ASI dapat buang air besar hingga lima kali sehari. Bayi yang meminum susu formula tinjanya lebih padat. Diare membuat si Kecil tidak nyaman dan menangis seharian. Di Indonesia, diare merupakan masalah yang hampir dialami oleh setiap bayi dan mengakibatkan kematian bayi yang mencapai presentase lebih dari 50%.

 

Hasil gambar untuk diare anak

 

 

Penyebab Diare Pada Bayi

Diare yang dialami bayi biasanya disebabkan banyak hal, mulai dari perubahan pola makan anak sampai pada infeksi usus yang harus diwaspadai. Penyebab lainnya adalah keracunan makanan, alergi pada makanan dan obat-obatan tertentu, terlalu banyak mengonsumsi jus buah dan sayur, maupun bayi bisa memakan dan memasukkan benda asing yang dia temukan pada mulutnya. Bakteri maupun virus sangatlah rentan menyerang bayi.

 

Tekstur Tinja Bayi

Bunda dapat mendeteksi diare dengan melihat perubahan warna dan bentuk tinja bayi saat bayi buang air besar. Tinja bayi pada umumnya akan berubah warna, bau, dan tekstur sesuai dengan bahan makanan yang dikonsumsi saat itu.

Warna tinja dapat menjadi indikator bayi mengalami diare atau masalah lainnya:

  • Cokelat muda atau cokelat kekuningan saat bayi mengonsumsi susu formula
  • Hijau kehitaman saat bayi baru lahir disebut juga tinja mekonium
  • Hijau kecokelatan saat bayi lahir lima hari
  • Kuning kehijauan saat bayi yang mengonsumsi ASI

 

Gejala Diare Pada Bayi

Bayi yang berusia kurang dari enam bulan mengalami diare segera periksakan ke dokter keluarga, terutama jika mengalami gejala muntah, lesu, terdapat darah pada tinja bayi, demam tinggi, dehidrasi.

 

Mencegah Diare Pada Bayi

Pencegahan diare wajib dilakukan Bunda untuk mengantisipasi si Kecil terkena diare dengan :

  • Cuci tangan sebelum Bunda memberikan ASI pada bayi
  • Jaga agar lantai dan benda-benda yang berada di dekat bayi selalu bersih.
  • Jika bayi mengonsumsi susu formula, selalu pastikan kebersihan dan kesterilan botol yang digunakan
  • Perhatikan kebersihan makanan maupun minuman yang diberikan pada bayi ketika sudah diberikan MPASI. Hindari memberikan makanan yang biasa dikonsumsi orang dewasa. Selain itu, jangan berikan makanan yang membuat diare semakin buruk pada bayi, seperti jus dan makanan instan.

 

Agar si Kecil daya tahan tubuhnya bagus dan berkembang dengan baik jangan lupa berikan vitamin sebagai tambahan nutrisinya. Vitabumin merupakan formula alami yang terbuat dari perpaduan madu + ekstrak albumin ikan gabus dan diperkaya temulawak. Apa saja manfaat Vitabumin, yaitu:

  1. Penambah Nafsu Makan Anak
  2. Penambah Berat Badan
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
  5. Obat Demam
  6. Obat Batuk

Untuk pemesanan Vitabumin, Bunda bisa menghubungi CS Vitabumin di 0811-273-5511.