Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

batuk bayi

Bagi orang dewasa cegukan mungkin terasa mengganggu. Akan tetapi, bayi justru biasanya tidak akan terpengaruh, mereka masih dapat tidur lelap meskipun sedang cegukan tanpa sedikitpun merasakan terganggu.

Tidak heran karena pada dasarnya cegukan memang sangat jarang memberikan efek terlalu mengganggu pada bayi atau bahkan memberikan efek panjang terhadap pernafasan bayi.

Penyebab Terjadinya Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

Umumnya cegukan muncul karena otot diafragma yang mengalami iritasi. Biasanya iritasi terjadi akibat makanan atau minuman yang bunda berikan kepada Si Kecil, meskipun hal tersebut bukan penyebab pasti cegukan yang terjadi pada bayi. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa cegukan pada bayi merupakan salah satu cara membantu Si Kecil bersendawa.

Namun, perlu Moms ketahui bahwa cegukan yang umum terjadi pada bayi tidak akan mengganggu dan tentunya cegukan juga terjadi dalam waktu singkat. Selanjutnya cegukan tersebut akan menghilang dengan sendirinya tanpa perlu diobati.

Bagaimanapun juga, jika cegukan terjadi terus menerus pada Si Kecil, Moms harus segera mengambil tindakan untuk membantu meringankan cegukannya. Terlebih lagi saat Si Kecil sudah mulai terganggu dengan cegukan yang dialaminya, seperti misalnya rewel.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Menghilangkan atau mengatasi cegukan pada bayi bukan perkara mudah. Mungkin Moms menghadapi kondisi di mana Si Kecil justru menolak makan bahkan menjadi rewel ketika cegukan sudah terjadi cukup lama. Dalam menghadapi kasus semacam ini, Moms dapat menggunakan beberapa teknik yang mampu meredakan cegukan pada Si Kecil seperti:

  • Jangan paksa Si Kecil untuk makan. Suapi Si Kecil hanya ketika ia benar-benar merasa lapar.
  • Obat yang paling efektif dalam mengatasi bayi cegukan adalah dengan memberi Si Kecil minum.
  • Mungkin Moms menyadari cegukan pada bayi muncul setelah makan. Jika demikian, Moms hanya perlu memberikan air minum yang cukup banyak kepada Si Kecil.
  • Memijat lembut punggung bayi sehingga intensitas cegukan pada Si Kecil berkurang.
  • Cegukan juga disebabkan kecepatan bayi mengonsumsi makanan. Jika demikian,┬áMoms harus lebih meningkatkan perhatian terhadap kecepatan Si Kecil saat makan. Untuk bayi baru lahir atau di bawah enam┬ábulan yang harus mengonsumsi ASI eksklusif, maka usahakan agar air susu yang diminum oleh si kecil terkontrol. Jika menggunakan botol, sebaiknya pilih dot yang memiliki bukaan kecil.
  • Madu juga dapat diberikan kepada bayi untuk mengurangi intensitas cegukan. Namun hal ini masih menjadi perdebatan.
  • Salah satu cara menghilangkan cegukan pada bayi yang aman adalah memanfaatkan harum dan menenangkannya aromaterapi. Usahakan agar aromaterapi dapat dihirup dalam jumlah wajar oleh Si Kecil, jangan terlalu berlebihan karena dikhawatirkan muncul alergi.

Sebenarnya cegukan pada bayi umum terjadi dan tidak berbahaya, selama frekuensinya hanya berjalan selama 1 hingga 30 menit. Akan tetapi, cegukan terus menerus yang berlangsung selama 48 jam atau lebih pada bayi harus segera dikonsultasikan pada dokter. Berikan Vitamin Anak yang tepat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*