CARA MENGATASI BATUK KERING YANG BIASANYA DIALAMI BAYI

batuk anak

Sebagai orang tua sangatlah khawatir saat bayi mengalami batuk. Eittss, jangan panik dan bingung dulu ya Bunda, ada tips bagaimana mengatasi batuk kering yang biasa dialami bayi, jangan sembarangan memberikannya obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Batuk Pada Bayi

Mengatasi batuk pada bayi tidak semudah mengatasi batuk yang dialami orang dewasa karena tidak sembarangan obat bisa sembarangan diberikan. Batuk merupakan bentuk pertahanan tubuh dalam mengeluarkan benda asing dari saluran pernapasan di dalam tubuhnya. Untuk bayi yang masih berada di bawah usia satu tahun butuh penanganan khusus karena jika Bunda asal memberikan obat dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan nyawa bayi.

 

Image result for batuk pada bayi

Batuk yang dialami bayi pada umumnya adalah batuk kering yang mengganggu yang bisa menyebabakan bayi flu. Batuk kering yang dialami bayi umumnya terjadi delapan kali pada tahun pertama karena system tubuhnya masih sangat rentan pada suatu virus maupun bakteri.

Batuk kering dalam waktu yang cukup lama biasanya diikuti dengan demam tinggi, radang tenggorokan, hidung tersumbat, mata merah, dan nafsu makannya turun. Hal inilah yang membuat si Kecil akan merasa tidak nyaman dan rewel.

 

Image result for batuk pada bayi

 

Mengatasi Batuk Kering pada Bayi

Saat si Kecil terserang batuk kering, Bunda bisa melakukan hal – hal berikut ini untuk mengatasi batuk kering pada bayi seperti :

  • Perbanyak asupan cairan (ASI, air putih, sup ). Hindari langsung membaringkan bayi setelah menyusui, lebih baik Bunda memposisikan agar bayi tetap tegak terlebih dahulu.
  • Dengan menguapinya sehingga dapat melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat akibat lendir. Bunda bisa mengajaknya berendam di air hangat atau langsung menguapinya dengan air yang sudah diletakkan pada wadah. Ingat ya Bun, jangan terlalu dekat dengan wadah tersebut saat memberinya uap. Berikan jarak antara 30cm agar bayi tidak merasa panas.
  • Saat bayi beristirahat, posisikan kepala bayi lebih tinggi dengan menambahkan beberapa bantal atau dengan menyelipkan beberapa gulung handuk di bawah kasur.
  • Berikan sebanyak ½ hingga 1 sendok teh madu yang dicampur dengan air hangat atau sedikit perasan lemon yang mengandung vitamin C. Hal ini bisa diberikan saat anak sudah berusia 1 tahun.
  • Jika batuk pada bayi disertai keluhan lain seperti sesak napas, batuk darah, nafsu makan berkurang, anak tampak lemas, sulit tidur, muntah, dan batuk berkepanjangan hingga berminggu-minggu masih sama saja, segera hubungi dokter keluarga untuk berkonsultasi apakah batuk yang dialami bayi termasuk batuk kering yang berbahaya atau tidak.

Saat usianya mencapai 1 tahun jangan lupa berikan Vitabumin agar daya tahan tubuhnya semakin baik. Vitabumin merupakan formula alami yang terbuat dari perpaduan madu + ekstrak albumin ikan gabus dan diperkaya temulawak. Apa saja manfaat Vitabumin, yaitu :

  1. Penambah Nafsu Makan Anak
  2. Penambah Berat Badan
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
  5. Obat Demam
  6. Obat Batuk

Bunda bisa mendapatkan Vitabumin dengan menghubungi CS Resmi Vitabumin di nomer WA 0811-273-5511. Cek info selengkapnya pada fanspage facebook @Bundapreneur untuk informasi lainnya.