Bayi Kholik Dan Cara Mengatasinya

Hai Bunda

Apa Bunda pernah dengar istilah kolik ? Kolik merupakan kondisi dimana bayi terus-terusan menangis tanpa tau apa penyebab sebenarnya. Kolik bukan sebuah penyakit dan tidak membahayakan bayi. Bayi dengan kolik menangis lebih dari 3 jam sehari, 3 hari dalam seminggu, dengan range waktu yang sering selama 3 minggu.

 

Hasil gambar untuk gambar anak kolik

 

Tanda – Tanda dan Gejala Bayi Kolik

Menangis maupun rewel adalah hal yang wajar dialami bayi, tetapi pada bayi yang sehat, kolik bisa ditandai dari tanda – tanda seperti :

  1. Menangis yang intens dan tidak dapat diredakan

Menangis akibat kolik biasanya bernada tinggi dan tidak dapat ditenangkan. Menangis vukup intens, diikuti wajah bayi yang memerah.

  1. Jadwal menangis yang bisa diprediksi

Saat bayi kolik biasanya akan menangis pada waktu yang hampir sama setiap harinya. Kolik berlangsung antara 2 sampai 3 jam dan bayi dapat buang air kecil maupun buang air besar pada akhir sesi kolik.

  1. Perubahan postur

Postur bayi yang sedang kolik menunjukkan tangan mengepal, otot perut kencang dan kakinya melingkar.

Faktor Pemicu Bayi Kolik

Apa saja yang membuat bayi berisiko mengalami kolik?

Bayi bisa rentan mengalami kolik ketika Bunda merokok selama kehamilan atau setelah persalinan. Apabila bayi diduga mengalami kolik maka diperlukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes untuk memastikannya.

Bagaimana cara mengatasi kolik?

Saat bayi mengalami kondisi kolik, Bunda bisa meminimalisirnya dengan menggendong bayi dengan posisi tegak saat menyusui. Pola makan ibu menyusui tampaknya tidak berperan pada gejala kolik bayi. Namun, pada bayi dengan keluarga yang memiliki riwayat alergi, menghindari potensi alergen dari pola makan ibu dapat membantu mencegah bayi mengalami alergi makanan.

Ketika Bunda menyadari bahwa bayi mengalami kondisi gejala kolik dan belum membaik, Bunda dapat memberikan probiotik kerena bayi dengan kolik dapat memiliki ketidakseimbangan bakteri. Seperti Lactobacillus reuteri, secara signifikan mengurangi gejala kolik. Tetap berkonsultasi pada dokter keluarga ya Bunda, jika bayi mengalami kolik.

Saat bayi berumur 1 tahun, jangan lupa Bunda harus memprioritaskan asupan yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhannya. Dengan gizi yang tercukupi bisa meminimalisir anak tidak rewel.

Agar si Kecil dapat tetap tumbuh sehat dan berkembang dengan baik jangan lupa berikan vitamin sebagai tambahan nutrisinya. Vitabumin merupakan formula alami yang terbuat dari perpaduan madu + ekstrak albumin ikan gabus dan diperkaya temulawak. Apa saja manfaat Vitabumin, yaitu:

  1. Penambah Nafsu Makan Anak
  2. Penambah Berat Badan
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
  5. Obat Demam
  6. Obat Batuk

Untuk pemesanan Vitabumin bunda bisa WA 0811-273-5511