Apa itu Penyakit Zika dan Bagaimana Mencegahnya ?

Penyakit zika adalah penyakit yang disebabkan oleh virus zika yang penyebarannya melalui perantara gigitan nyamuk spesies Aedes aegypti. Virus zika masuk dalam kelompok virus flavirus. Virus zika dibawa nyamuk Aedes aegypti dari seseorang yang terlebih dahulu telah terinfeksi virus zika kemudian disebarkan melalui gigitan kepada orang yang belum terinfeksi.

Nyamuk Aedes aegypti mengambil dan membawa virus zika dari manusia yang telah terinfeksi virus tersebut. Melalui gigitannya, nyamuk Aedes aegypti menyebarkan virus zika kembali kepada manusia yang belum terinfeksi. Selain itu, berdasarkan penelitian terbukti bahwa virus zika dapat disebarkan melalui hubungan seksual dan transfusi darah. Virus zika juga dapat menular dari ibu ke anak melalui kehamilan. Nyamuk jenis ini aktif di siang hari yang dapat hidup di dalam atau di luar ruangan, terutama pada genangan air.

Gejala Penyakit Zika

Penyakit zika seringkali tidak menunjukkan gejala maupun tanda, sehingga penderita tidak mengetahui bahwa dirinya terjangkit virus zika. Namun jika muncul gejala, biasanya bersifat ringan dan baru muncul 3-12 hari setelah tergigit. Gejala-gejala yang umumnya muncul, antara lain seperti demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, tubuh terasa lemah dan lelah serta peradangan pada kelopak mata.

Waspadai Penyakit Zika

Pada kasus tertentu, virus zika diketahui dapat membuat seseorang mengalami sindrom Guillane Bare, yaitu sindrom yang menyebabkan gangguan serius pada sistem saraf pusat. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mewasdai penyakit zika karena bisa berakibat sangat fatal.

Mendiagnosis Penyakit Zika

Langkah awal yang harus dilakukan dalam mendiagnosis apakah virus zika telah menyerang  adalah dengan memberikan riwayat medis pada dokter, termasuk informasi pribadi seperti aktivitas seksual yang dilakukan dengan pasangan.

Untuk memastikan diagnosis dari gejala yang dikeluhkan, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan tes darah dahulu untuk mendeteksi asam nukleat virus, mengisolasi virus, serta uji serologisnya. Selain melakuan tes darah, dokter juga akan melakuan tes urine dan air liur pada hari ketiga sampai hari kelima ketika gejala masih berlangsung.

Khusus wanita hamil, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti melakukan USG untuk memastikan ada atau tidaknya mikrosefali dan melakukan amniosentesis mengambil sampel cairan ketuban wanita hamil.

Pengobatan Penyakit Zika

Sampai saat ini tidak ada pengobatan spesifik untuk penyakit zika. Pengobatan virus zika difokuskan kepada upaya untuk mengurangi gejala yang dialami seseorang yang telah terdeteksi terserang penyakit zika. Hal yang bisa dilakukan untuk pengobatan dari penyakit zika adalah memastikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh telah tercukupi, istirahat yang cukup, konsumsi obat pereda sakit kepala seperti acetaminophen.

Bagi sesorang yang telah dipastikan terinfeksi virus zika diharapkan untuk menghindari gigitan nyamuk selama terjangkit virus ini karena virus zika yang bertahan lama di dalam darah penderita dapat menyebar secara cepat pada orang disekitarnya. Lebih baik berada pada ruang isolasi terlebih dahulu untuk penyembuhan dan pencegahan agar tidak menyebar. Sampai saat ini penyakit zika belum bisa dicegah dengan vaksin.

Mencegah Penyakit Zika

Langkah pencegahan terhadap infeksi virus zika yaitu menghindari gigitan nyamuk. Hal lain yang bisa dilakukan antara lain :

  • Pakailah baju berlengan panjang dan celana panjang, serta kaus kaki saat tidur
  • Gunakan lotion anti nyamuk saat hendak keluar rumah maupun sebelum tidur
  • Gunakan kelambu pada tempat tidur
  • Sebarkan bubuk larvasida di tempat penampungan air untuk membunuh larva nyamuk.
  • Jika Anda dan keluarga merencanakan berpergian ke luar negeri, pelajari informasi mengenai daerah yang akan dikunjungi, seperti fasilitas kesehatan dan area luar ruangan terbuka sebelum waktu keberangkatan tiba, khususnya area yang terjangkit virus zika.

Agar si Kecil dapat tetap tumbuh sehat dan terjaga daya tahan tubuhnya dengan baik jangan lupa berikan vitamin sebagai tambahan nutrisinya. Vitabumin merupakan formula alami yang terbuat dari perpaduan madu + ekstrak albumin ikan gabus dan diperkaya temulawak. Apa saja manfaat Vitabumin, yaitu:

  1. Penambah Nafsu Makan Anak
  2. Penambah Berat Badan
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
  5. Obat Demam
  6. Obat Batuk

Untuk pemesanannya Bunda menghubungi CS Resmi Vitabumin di  0811-273-5511.