Ajari Dan Dampingi Anak Puasa

melatih anak puasa

Ramadhan telah tiba. Saatnya mengajari si Kecil untuk berpuasa. Tetapi Bunda harus perhatikan asupan nutrisinya agar anak senang dan menikmati untuk memulai puasanya. Hal lain apa yang harus dilakukan Bunda untuk mendampingi puasa si Kecil ?

 

Related image

 

Menjalani ibadah puasa adalah kewajiban semua orang, tidak terkecuali anak-anak. Anak-anak yang sudah siap menjalankan puasa harus kita dukung dengan catatan sesuai kemampuan anak untuk melaksanakannya.

Berikut adalah tips mengajari anak untuk berpuasa, namun tetap menjaga agar anak selalu sehat dan semangat, seperti :

  1. Berpuasa Semampunya

Dalam mengajari anak berpuasa butuh kesabaran yang lebih ya Bunda. Ajari anak untuk berpuasa secara bertahap seperti menahan lapar dan haus dari waktu imsyak sampai jam 12 siang, setelah beberapa hari si Kecil dirasa kuat ajaklah untuk berpuasa penuh dari imsak hingga maghrib

  1. Bangunkan Anak Saat Sahur

Membangunkan sahur anak-anak adalah hal yang sangat menguji kesabaran karena kebanyakan anak-anak tidak mau bangun saat langit masih gelap dan sudah terbiasa bangun saat matahari sudah terbit. Meski anak menolak untuk bangun, Bunda jangan menyerah. Berikan makanan kesukaannya dengan aroma yang lezat agar mengundang seleranya supaya anak mau bangun. Pastikan agar anak tidak tidur terlalu larut malam.

  1. Asupan Saat Sahur

Sangatlah penting untuk memenuhi asupan nutrisinya saat sahur agar menunjang kesehatan tubuhnya selama berpuasa satu hari. Makanan yang disajikan haruslah mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum maupun kacang-kacangan. Tambahkan juga makanan yang mengandung serat seperti sayuran. Hindari untuk memberikan makanan yang digoreng maupun memiliki rasa pedas karena dapat memicu maag. Berikan tambahan jus atau segelas susu pada menu sahurnya.

  1. Menyajikan Menu Berbuka Favoritnya

Ajari anak untuk mengkonsumsi air terlebih dahulu saat berbuka puasa. Akan lebih baik jika minuman isotonic agar cairan yang telah hilang cepat tergantikan. Selanjutnya, Bunda bisa memberikan kurma. Lalu dilanjutkan untuk memberikan makanan favoritnya. Tentunya yang mengandung nutrisi yang tepat juga ya Bunda. Bunda bisa memberikan es krim kesukaannya setelah berbuka puasa.

  1. Berikan Rewards Agar Anak Semangat

Anak-anak cenderung senang dengan rewards yang diberikan orang tua. Pada awal tahun pertamanya dalam berpuasa, tidak ada salahnya Bunda memberikan reward untuk si Kecil agar bersemangat untuk berpuasa.

Selama berpuasa, jangan lupa saat usianya menginjak satu tahun berikan Vitabumin. Vitabumin adalah vitamin anak yang terbuat dari madu, ikan gabus & temulawak. Berikan Vitabumin agar anak tidak cepat letih dan lesu.

Komposisi Vitabumin:

💟 Madu => Menaikkan daya tahan tubuh, menaikkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batuk pilek, sariawan.

💟 Temulawak => meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikkan berat badan

💟 Ekstrak ikan gabus => membantu penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru.

 

INFORMASI & PEMESANAN LANGSUNG KE CS KIKI WA 0811-273-5511 klik http://bit.ly/wacs-kiki