Ajari Anak Toilet Training

training anak ke toilet

Hai Bunda

Usia anak sudah cukup untuk diajari memakai toilet sendiri atau toilet training ?. Sebelum memulai toilet training, Bunda harus tahu kesiapan anak terlebih dahulu.

 

See the source image

 

Toilet training adalah proses dimana anak belajar untuk buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) pada toilet selayaknya orang dewasa. Anak diajari untuk tidak lagi mengeluarkan urine dan tinja pada popok lagi tetapi diarahkan ke toilet. Kemampuan memakai toilet juga berguna untuk mengetahui apakah anak tumbuh dan berkembang dengan normal atau tidak ya Bunda.

Mengetahui Anak Ketika Sudah Siap Toilet Training

Setiap anak memiliki perkembangan dan kemampuannya yang berbeda-beda untuk memulai toilet training. Pada umumnya anak siap menjalani toilet training saat anak berusia 18 bulan. Saat usianya 3 tahun biasanya anak akan bisa memakai toilet dengan sempurna.

Bunda dapat mengetahui tanda awal seorang anak siap untuk diberikan toilet training adalah dengan melihat kesiapan fisiknya seperti ketika anak sudah bisa menunjukkan ekspresi saat akan buang air kecil maupun buang air besar, tidak BAB saat malam hari dan waktunya cenderung sama setiap harinya untuk buang air besar. Bunda juga bisa melihat dari kesiapan emosionalnya seperti menunjukkan ketertarikan untuk buang air besar dan buang air kecil pada toilet, lebih memilih memakai celana dalam daripada popok, memberitahu Bunda saat akan buang air kecil maupun buang air besar.

Ketika akan memulai toilet training, Bunda jangan memaksanya dalam melakukannya. Bunda harus komunikasikan terlebih dahulu pada anak. Saat anak merespons dan menunjukkan ketertarikannya, Bunda bisa segera memulai toilet training.

Cara Membimbing Anak Menjalani Toilet Training

Dalam menunjang anak sukses menjalani toilet training, Bunda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Kenalkan Anak Pada Toilet yang Ada di Kamar Mandi

Bunda bisa mulai mengenalkan dan menjelaskan fungsi dari penggunaan toilet pada si Kecil. Jelaskan padanya untuk melepas celana dalamnya sebelum duduk di toilet. Katakan padanya jika akan buang air besar maupun buang air kecil di toilet tidak pada celana lagi. Dengan sedikit demi sedikit menjelaskannya, maka anak akan paham dan mengerti.

  • Ajak Anak Saat Beraktivitas di Toilet

Ajak anak masuk kamar mandi dan tunjukkan bagaimana cara Bunda buang air kecil maupun buang air besar padanya. Lakukan permainan bergantian untuk duduk pada kloset. Tanpa sadar anak akan paham bahwa ketika dia ingin buang air besar maupun buang air kecil anak akan meminta diantarkan ke toilet.

  • Ajari Si Kecil Untuk Membersihkan Alat Kelaminnya

Saat anak sudah rutin meminta diantarkan ke toilet dan umurnya sudah mencapai 3 tahun saatnya Bunda mengajari anak untuk membersihkan kelaminnya. Untuk anak perempuan ajari untuk membasuh alat kelaminnya memakai tangan kiri dimulai dari arah depan vagina, kemudian ke bagian anus. Hal ini bertujuan untuk mencegah berpindahnya bakteri dari anus ke vagina. Untuk anak laki-laki Bunda bisa ajari membersihkan alat kelaminnya dengan air yang dibasuhkan langsung pada alat kelaminnya.

  • Ajari Anak Kebersihan Tangan

Bantu anak untuk menekan tombol flush pada toilet setelah buang air besar maupun buang air kecil. Dan jangan lupa untuk mengajarkan untuk selalu mencuci tangannya dengan benar memakai hand wash.

Mengajari anak menggunakan toilet memang butuh kesabaran yang lebih. Ingat Bunda jangan tinggalkan si Kecil di toilet sendiri. Selagi anak berusia di bawah 5 tahun, Bunda harus tetap mengawasinya ya.

Agar si Kecil tumbuh sehat dan daya tubuhnya baik, jangan lupa saat usianya menginjak satu tahun berikan Vitabumn. Vitabumin adalah vitamin anak yang terbuat dari madu, ikan gabus & temulawak

Komposisi Vitabumin:

💟 Madu => Menaikkan daya tahan tubuh, menaikkan nafsu makan, menyembuhkan penyakit langganan anak seperti demam, batuk pilek, sariawan.

💟 Temulawak => meningkatkan nafsu makan, memperbaiki pencernaan, menaikkan berat badan

💟 Ekstrak ikan gabus => membantu penyerapan nutrisi, mencerdaskan otak anak, meregenerasi sel sehingga baik digunakan untuk terapi flek paru.

 

INFORMASI & PEMESANAN LANGSUNG KE CS KIKI WA 0811-273-5511 klik http://bit.ly/wacs-kiki

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*